RTK XX PMII Perjuangan Unitomo Surabaya, Pemimpin Berintegritas Menjadi Harapan Utama

 

Foto: Serah Terima Jabatan (Sertijab)

Kontributor : Seniman Agus | Editor : Suharianto

Surabaya, PC PMII SURABAYA - Rapat Tahunan Komisariat (RTK) XX yang dilaksanakan oleh Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Perjuangan Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, agenda kali ini berjalan selama dua hari, RTK XX bertempat di Graha PC PMII Surabaya, Sabtu (16/10/2021).

RTK XX diikuti oleh 18 peserta sidang yang merupakan anggota/kader PMII Komisariat Perjuangan Unitomo Surabaya, dalam hal ini semuanya turut berkontribusi pemikiran untuk memikirkan bagaimana arah gerak organisasi ke depannya.

Acara RTK XX ini bertemakan: "Pemimpin yang Berintegritas Lahir dari Pemilihan yang Cerdas". Tema ini dipilih karena integritas dan cerdas merupakan perpaduan sifat yang sangat dibutuhkan, sehingga anggota yang cerdas juga akan memengaruhi sifat pemimpinnya. Maka dari itu tema ini sangat berkaitan erat dengan kondisi sekarang dan juga nanti.

Kegiatan RTK XX terdapat 5 Sidang Pleno, diantaranya Sidang Pleno 1 pembahasan Tata Tertib Persidangan, Pleno 2 Laporan Pertanggung Jawaban Kepengurusan Periode 2020-2021, di Sidang Pleno 3 membahas Analisis Kondisi Organisasi (AKO) Rencana Pengembangan Organisasi (RPO).

Dalam Sidang Pleno 4 dibagi dalam Sidang Komisi yang terdapat 3 komisi, yaitu: Komisi 1 tentang Ketentuan Umum Kerja dan Struktur Organisasi, Komisi 2 Pembagian Tugas, dan Komisi 3 Pokok-pokok Pikiran dan Rekomendasi.

Pada sidang berikutnya yakni Sidang Pleno 5 merupakan pembahasan Tata Tertib Pemilihan Ketua Komisariat Perjuangan Unitomo Surabaya Periode 2021-2022 dan Pembentukan Tim Formatur.

Setelah proses panjang yang penuh perdebatan antar peserta sidang RTK, dan sidang dapat diselesaikan dengan baik, kemudian RTK XX menghasilkan Sahabat Masodi terpilih sebagai Ketua PMII Komisariat Perjuangan Unitomo Surabaya Periode 2021-2022.

Setelah terpilih, Sahabat Masodi menekankan kepada para peserta sekaligus kader yang lain untuk lebih mengedepankan kesolidan, keaktifan dan bisa bertanggung jawab. Selain itu, Ketua terpilih ingin membentuk sebuah rayon sesuai dengan Visi dan Misi yang disampaikan sebelum pemilihan.

Perlu diketahui, bahwa sebelum diadakan acara tersebut Pengurus Komisariat PMII Perjuangan Unitomo Surabaya mengadakan Pelatihan Persidangan, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi berikutnya (angkatan 2020) dalam memahami mekanisme persidangan maupun istilah-istilah yang digunakan dalam persidangan.

Dengan demikian, para peserta sidang (kader) tidak ragu lagi untuk ikut serta dan aktif dalam pertarungan gagasan, sebab sudah tahu seperti apa yang akan terjadi dan bagaimana proses persidangan itu berjalan.